Minggu, 09 September 2007

Kota Palu Dorong Tujuh Program Penting

Momentum peringatan Hari Ulang Tahun (Hut) Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-62, tanggal 17 Agustus 2007 ini, merupakan implemantasi pelaksanaaan tujuh program pembangunan yang akan dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Palu. Demikian diungkapkan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palu, Andi Mulhanan Tombolotutu, SH. kepada Sulteng.Com, Kamis (16/08/2007).


Ketujuh program pembangunan pemerintah Kota Palu tersebut, kata Mulhanan, yaitu Pengembangan Kawasan Industri, Pengembangan Laboratorium Kakao (Pusat Studi dan Pengembangan Tamanam Kakao), Pengembangan Industri Rotan, Revitaliasi Teluk Palu, Pemberdayaan UMKM. Pengembangan Informasi Teknologi (IT), dan Pengembangan Lembaga Teknologi.

Menurutnya makna dari hari kemerdekaan adalah pencapaian tujuan pembangunan yang telah di rencanakan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat, sehingga pembangunan benar-benar bermanfaat bagi seluruh msyarakat."Masyarakat harus dapat mendukung program pembangunan yang akan di jalankan pemerintah Kota Palu, sebab tanpa dukungan dari masyarakat, program yang telah dirancang tersebut tidak dapat berjalan sesuai dengan harapan. karena pembangunan harus bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

ia menambahkan, dengan adanya program pembangunan tersebut,nanti perilaku masyarakat dapat berubah, sehingga lahirnya partisipasi aktif dari masyarakat untuk membangun Kotanya. "Nilai Partisipasi sangatlah penting, untuk melahirkan suatu perilaku masyarakat yang positif untuk mendukung pelaksanaan program pembangunan, karena nilai partisipasi juga menjadi fakor pendukung pelaksanaan program pembangunan," tuturnya.

ia menambahkan, dengan momentum Hut Kemerdekaan RI Ke-62 ini, Kota Palu akan dijandikan Pintu Utama Industri, yang ditandai dengan trans melayu. sehingga program pembangunan yang dirancang harus benar-benar kreatif dan inovatif.***

Tidak ada komentar: