Senin, 09 April 2012

57 Investor Termasuk Perusahan Mobil Volvo Siap Masuk Palu

Sebanyak 57 investor sudah menyatakan kesiapan berinvestasi di Kota Palu, Sulawesi Tengah, jika pemerintah pusat menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu.

Wakil Wali Kota Palu Andi Mulhanan Tombolotutu, hari ini, mengatakan beberapa investor ikut mendesak pihak Dewan Nasional KEK segera menetapkan KEK Palu.

Perusahaan besar yang sudah siap beinvestasi di Palu itu antara lain perusahaan spare part Volvo dan perusahaan packaging serta beberapa perusahaan besar lainnya. “Volvo bahkan siap merelokasi pabriknya ke Palu dalam waktu dekat,” kata Mulhanan.
Para investor itu mau berinvestasi di Palu, kata dia, karena secara geografis wilayah Kota Palu terletak sangat strategis, berhadapan dengan Selat Makassar di laut Sulawesi yang merupakan jalur lalu lintas laut ALKI 2, sekaligus pintu gerbang konektivitas nasional, regional dan global.
“Bahkan dalam peta MP3EI, Kota Palu merupakan salah satu simpul ekonomi Indonesia Bagian Timur dalam Koridor Ekonomi Sulawesi (Koridor 4),” katanya.
Selain itu, kata Mulhanan, lokasi strategis dengan jarak tempuh yang dekat dengan negara-negara tujuan eksport komoditi seperti Malaysia, China, Hongkong, Vietnam, Jepang dan Korea Selatan.
Lokasi Provinsi Sulawesi Tengah yang berbatasan langsung dengan delapan provinsi di kawasan timur Indonesia, seperti Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Gorontalo dan Sulawesi Utara.
Selain lokasi yang strategis itu, KEK Palu juga masih satu kawasan dengan Pelabuhan Pantoloan, sehingga akan dibangun flyover dari lokasi inti langsung menuju pelabuhan dalam hitungan menit.
“Semua potensi dan keuntungan strategis ini dapat dijadikan sebagai engine of growth dalam mempercepat pembangunan dan peningkatan daya saing Kota Palu,” katanya. (mw)

Tidak ada komentar: