Sabtu, 27 April 2013

Mulhanan: Jangan Ada Program Lompat Tahun


PALU - Untuk tahun 2013 tidak ada lagi toleransi membongkar program, oleh karena itu, apa yang telah disepakati dapat dijadikan acuan untuk 2014 kedepan. “Sehingga tidak ada lagi program lompat tahun, program kita kan jelas, ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” demikian di tegaskan wakil walikota Mulhanan Tombolotutu pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kota Palu, di salah satu hotel di Palu, Rabu (27/3).


Dia menambahkan, mekanisme pengelolaan anggaran yang selama ini bermasalah adalah pengawasan internal Pemkot yang belum tuntas. Melalui musrembang diharapkan mendapatkan mekanisme perencanaan yang jelas untuk memperbaiki apa yang terbengkalai pada tahun sebelumnya.

Mulhanan meminta agar semua rencana program dan kegiatan harus disertai data dan pertimbangan yang kuat, baik itu perencanaan yang dilakukan dengan sistem top down yaitu perencanaan yang dilakukan oleh lembaga pemerintahan sebagai pemberi gagasan awal dalam mengatur jalannya program yang berawal dari perencaan hingga proses evaluasi.

Ataupun dengan menggunakan sistem bottom up, dimana perencanaan yang dilakukan masyarakat lebih berperan dalam hal pemberian gagasan awal sampai dengan mengevaluasi program yang telah dilaksanakan sedangkan pemerintah hanya sebagai fasilitator dalam suatu jalannya program serta pengelolaan pembangunan yang diterapkan merupakan kombinasi antara kedua prinsip tersebut, sebagai komitmen politik pemerintah kota palu dengan masyarakat.

Mulhanan menambahkan para pimpinan SKPD harus mampu mengidentifikasi, merumuskan dan menyepakati prioritas program kegiatan daerah untuk tahun 2014 mendatang serta kebutuhan akan kebijakan dari pemerintah kota, provinsi dan pusat dengan mengemukakan ide-ide yang kreatif dan proporsional.

Musrenbang tersebut dibuka langsung wakil walikota Palu dan dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah, para pimpinan SKPD, camat dan lurah se-Kota Palu. ABS

Tidak ada komentar: