Minggu, 11 November 2007

Kota Palu Raih Swasti Saba Padapa


Kota Palu, Ibukota Provinsi Sulawesi Tengah meraih penghargaan Swasti Saba Padapa sebagai kota sehat dari Departemen Kesehatan. Kemenangannya ini didasarkan pada kawasan tertib lalu lintas, pelayanan transportasi sehat dan pariwisata sehat. Forum Kota Sehat juga terbentuk hingga tingkat kelurahan.

"Demikian pula, di sana terbentuk Tim Pembina Kota Sehat yang diketuai Sekretaris Kota (Sekot)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu, Emma Sukmawati. Ia menjelaskan, penghargaan Swasti Saba sendiri punya tiga tingkatan.

Pertama penghargaan Swasti Saba Padapa untuk kota sehat klasifikasi pemantapan, kedua Swasti Saba Wiwerda untuk kota sehat klasifikasi pembinaan dan yang ketiga adalah Swasti Saba Wistara untuk kota sehat klasifikasi pengembangan.

Untuk Kota Palu, baru dua tatanan yang dinilai yakni kawasan tertib lalu lintas, pelayanan transportasi sehat, dan pariwisata sehat. Indikator dari penilaian kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi sehat di antaranya pelayanan kesehatan umum, pelayanan terminal dan halte, peta rawan kecelakaan, dan penataan lalu lintas.

Sementara untuk kawasan pariwisata sehat adalah adanya informasi wisata dan kesehatan, sarana pariwisata yang memadai, objek dan daya tarik wisata, serta pelayanan kesehatan yang baik. (jurnal nasional) 

Tidak ada komentar: