Jumat, 10 Mei 2013

Contohi Swedia, Palu Jadi Symbio City

Wakil Walikota Palu Mulhanan pada kunjungan di Swedia
PALU, MERCUSUAR – Steering Committee atau pengarah symbio city kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Palu dan Pemkot Boras, Swedia, telah mengumpulkan sejumlah informasi tentang symbio city di Kota Boras. Ada sejumlah anggota pengarah dari Kota Palu yang berkunjung ke Boras belum lama ini. Yakni Wakil Walikota Palu Mulhanan Tombolotutu, Kepala Bappeda Kota Palu Dharma Gunawan dan Wakil Ketua DPRD Kota Palu, Wiwik Jumatul Rofiah.


Wiwik mengatakan symbio city adalah tindaklanjut dari kerjasama pengelolaan sampah menjadi biogas yang telah digagas Pemkot Palu dengan Pemkot Boras sejak tahun 2009. Dimana symbio city lebih luas sebab merupakan program pembangunan kota yang berkelanjutan. Antara lain green city atau kota hijau, green transportation atau transportasi ramah lingkungan sampai green building atau bangunan rumah ramah lingkungan. “Hampir semua sampah di Boras terkelola dengan baik, bahkan sampah di sana diimpor dari negara lain. Sampah-sampah itu digunakan untuk biogas, khususnya untuk transportasi,” kata Wiwik Jumatul Rofiah di DPRD Kota Palu, Selasa (9/4).

Boras menjadi rujukan Pemkot Palu karena menjadi satu-satunya di eropa yang mengelola sampahnya menjadi biogas. Untuk mencapai kota hijau dan ramah lingkungan, sejauh ini menurut Wiwik, Pemkot Palu sudah mulai bekerja. Kelihatan antara lain dari penyediaan bank sampah di sejumlah sudut jalan dan tempat-tempat umum. Demikian halnya komitmen pemerintah menata kawasan Pantai Talise dan Pantai Besusu sebagai halaman depan Kota Palu yang hijau dan asri.

Hanya saja Pemkot masih perlu menyentuh kultur masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Namun, berkaca dari Pemkot Boras, perlu ada pendidikan tentang pentingnya menjaga kebersihan sejak anak usia dini. Untuk pendidikan sampah nantinya dimasukkan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ditarget mulai diterapkan pada tahun 2014. Sebab tahun ini Pemkot masih fokus pada pengelolaan sampah di tempat pembuangan akhir Kawatuna. Dijadwalkan, pada Mei mendatang tim dari Pemkot Boras juga akan mengunjungi Palu. DAR

Tidak ada komentar: