Senin, 09 April 2012

A. Mulhanan Tombolotutu : Bangkitkan kembali budaya gotong royong

Kearifan lokal yang telah tumbuh di masyarakat kota Palu sejak zaman dahulu kala dalam kehidupan bergotong royong perlu ditumbuh kembangkan kembali dalam pelaksanaan pembangunan dan kehidupan kemasyarakatan...

Kesadaran untuk melakukan gotong royong disegenap lapisan masyarakat mulai dari lapisan atas hingga bawah harus terus ditanamkan. Sebab dengan adanya gotong royong, berbagai permasalahan akan dapat diselesaikan bersama serta akan menghapus jarak pemisah antara ekonomi kuat dan lemah yang kerap terjadi ditengah-tengah masyarakat dewasa ini.  



Berkaitan dengan itu Wakil Walikota Palu H. Andi Mulhanan Tombolotutu, SH. mengatakan, melalui gotong royong pula berbagai program pemerintah akan dapat terlaksana dengan baik.  Untuk itu, Andi Mulhanan Tombolotutu minta kepada masyarakat khususnya yang ada di kota Palu agar membangkitkan kembali budaya gotong royong yang telah ada dan tumbuh ditengah-tengah masyarakat sejak zaman dahulu.  Ia mencontohkan budaya gotong royong yang dikenal dengan nosidondo di masyarakat Palu Barat perlu dihidupkan kembali.

Andi Mulhanan Tombolotutu mengakui, di era globalisasi dewasa ini, berbagai hal yang dapat menyita waktu dan perhatian sesuai profesi masing-masing akan mengurangi nilai tradisi yang selama ini melekat ditengah-tengah masyarakat. Namun nilai kebersamaan dan gotong royong serta keterbukaan di masyarakat dahulu kala kini menjadi landasan dalam melaksanakan berbagai program sehingga kesenjangan antar instansi atau antar profesi bisa dieliminir.  Dengan demikian tidak terjadi gesekan-gesekan di tengah-tengah masyarakat. (F.04)

Tidak ada komentar: